WHAT WE'RE GONNA TALK

Just like in a cafe, we talk about everything. Nothing heavy. Just talk over a cup of coffee.


Wednesday, February 16, 2011

SENYUMAN

"Jangan buka toko jika kamu tidak suka tersenyum". (Pepatah China)

Senyum yang tulus lebih berkata kata daripada ribuan sambutan selamat datang. Orang boleh menyambut tamu, entah datang ke rumah atau masuk ke dalam toko atau masuk ke rumah ibadah, betapa pun indahnya kata kata yang dikatakan tetapi tanpa adanya senyum di wajah penyambut, maka semua kata kata itu adalah percuma.

Walaupun tanpa sepatah kata sambutan pun, jika tamu yang datang kita sambut dengan sebuah senyum yang lebar dan tulus. Itu sudah seribu kali lebih berharga dari ribuan kata sambutan.

Senyum adalah bahasa universal. Walapun kita tidak bisa berbicara dalam bahasa orang yang kita temui, tetapi dengan senyum yang menghias wajah kita. Sang tamu akan tahu pasti, bahwa kedatangannya telah disambut dengan tangan terbuka.


Ada puisi yang berbunyi demikian.

Senyuman itu menular.
Kita bisa tertular seperti terkena flu.
Seseorang tersenyum padaku hari ini.
Dan aku juga tersenyum balik kepadanya.

Senyum juga akan membuat beban dari persoalan yang lagi menimpa kita akan menjadi lebih ringan. Senyum memang tidak dapat menyelesaikan masalah, tetapi hati akan terasa lebih ringan dalam mencari jalan keluar permasalahn yang kita hadapi.

Charlie Chaplin, bintang komedian era film bisu, membuat komposisi musik yang kemudian diberi lirik oleh John Turner dan Geoffrey Parsons. Dan lagu ini menjadi amat sangat terkenal ketika dinyanyikan oleh Nat King Cole pada tahun 1954. Lagu ini sering saya nyanyikan sambil menggendong anak saya yang pertama, Michelle, ketika ia masih bayi dan dia lagi menangis. Judul lagu ini adalah"Smile". This song is so very beautiful.

Saya petik sebagian lirik dari "Smile" yang benar benar indah.

Light up your face with gladness
Hide every trace of sadness
Although a tear may be ever so near
That's the time you must keep on trying
Smile what's the use of crying
You'll find that life is still worthwhile
If you'll just ....
Smile.

Dengan tersenyum kita menemukan bahwa hidup ini masih berharga.

Jika saat Anda membaca artikel ini dan Anda lagi memiliki masalah, apa pun masalah itu, besar atau kecil, ringan atau berat. Saya memiliki satu nasihat bagi Anda: Just Smile (Tersenyumlah) dan ketahuilah bahwa hidupmu masih berharga.

Link untuk lagu SMILE http://www.youtube.com/watch?v=I85ApzR43jU&feature=related
---------
Artikel ditulis oleh Joseph Pratana untuk Pratana Coffee Talk

No comments:

Post a Comment