WHAT WE'RE GONNA TALK

Just like in a cafe, we talk about everything. Nothing heavy. Just talk over a cup of coffee.


Thursday, March 10, 2011

CLEOPATRA

A tetradrachm of Cleopatra VII, Syria mint
Menyebut Cleopatra - akan mengingatkan kita tentang ratu cantik jelita dari Mesir. Tapi sebentar, Cleopatra yang mana...? Karena ternyata dalam sejarah Mesir Kuno - terdapat TUJUH ratu yang bernama Cleopatra.


Lalu dari ketujuh Cleopatra tersebut, mana yang paling terkenal dan juga tercantik..? Ia adalah Cleopatra VII. Sedemikian jelitanya ratu yang satu ini, sampai bisa memikat hati dua penguasa Romawi yaitu Julius Caesar dan Mark Anthony, di dua jaman berbeda.



Akibat daya tarik Cleopatra ini pula, Triumvirate (tiga penguasa) Romawi jadi bertikai satu sama lain. Demi mendapatkan Cleopatra, Mark Anthony rela meninggalkan istrinya, yang merupakan adik Octavianus. Terang saja Octavianus marah besar. Ia pun menyerang Mark Anthony dan Cleopatra dengan menggunakan armada tempurnya. Pasukan Mark Anthony dan Cleopatra kalah dalam pertempuran di Actium, Yunani tahun 33 sM.

Bak drama Romeo dan Juliet yang terlalu cepat 15 abad - Mark Anthony dan Cleopatra bermaksud meneruskan cinta mereka di "alam baka". Keduanya bunuh diri. Mark Anthony bunuh diri dengan menikam diri menggunakan pedang, dan akhirnya meninggal di pangkuan Cleopatra. Sementara sang ratu melakukan bunuh diri dengan membiarkan dirinya dipatuk ular Asp (Kobra Mesir).


Setelah meninggalnya Cleopatra, Mesir jatuh dalam kekuasaan Octavianus, yang selanjutnya menjadi Kaisar Terbesar Romawi - dengan nama baru : Kaisar Augustus, yang namanya sekarang kita pakai sebagai nama bulan ini...

Cleopatra and Julius Caesar. Painting by Jean-Léon Gérôme

The Death of Cleopatra by Reginald Arthur, 1892


-------------
Sumber: http://blog-artikel-menarik.blogspot.com/2009/01/kumpulan-kisah-kisah-menarik-yang.html

Foto: http://en.wikipedia.org/wiki/Cleopatra_VII

No comments:

Post a Comment